Jakarta, (Tagar 10/6/2018) - Google mengumumkan proyek bersama dengan Indian Railways dan RailTel untuk membawa Wi-Fi publik ke stasiun kereta api di India.

Inisiatif ini dimulai pada 2015, dan kini 400 pemberhentian kereta memiliki akses gratis ke internet.

Google VP dan Kepala Tim Next Billion Users, mengatakan dalam siaran pers, seperti dilansir dari GSM Arena, bahwa layanan ini digunakan oleh 8 juta pengguna setiap bulan.

Pencapaian ini diumumkan bersama dengan dirilisnya video seorang ibu yang menggunakan Wi-Fi gratis untuk menyediakan materi pendidikan yang lebih baik untuk putranya.

Menurut Sengupta, dia hanyalah salah satu dari orang-orang yang mengonsumsi 350 MB data per sesi, dan lebih dari separuh orang menggunakan beberapa sesi per hari.

Program yang secara resmi disebut Google Station ini sudah berkembang di Meksiko dan Indonesia.

Saat ini pengguna mendapatkan 30 menit data berkecepatan tinggi secara gratis dengan iklan. Jika mereka ingin memiliki akses 24 jam terus menerus, mereka dapat membayar 19 Rupee (sekitar Rp3.900) atau INR149 (Rp31.000) untuk internet bebas iklan selama seminggu.

Kampanye Google Station masih belum selesai dan akan diperluas. Lebih dari 150 lokasi di Pune dan Maharashtra dilaporkan telah memiliki Wi-Fi gratis. (ant/rmt)