Jakarta, (Tagar 18/4/2018) - Saat ini mungkin banyak lulusan kelas 3 SMA atau orangtua yang bingung mencari jurusan di perguruan tinggi yang tepat untuk anaknya. 

Selain harus disesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan anak, ada baiknya jurusan yang dipilih juga disesuaikan dengan lapangan pekerjaan ke depan setelah lulus. 

Menurut studi dari National Association of Colleges and Employers (NACE), yang dikutip dari Forbes, ada tujuh jurusan yang lulusannya paling banyak dicari tahun 2017. 

1. Jurusan Keuangan
Prospek kerja di bidang keuangan ini berada di puncak yang lulusannya paling dicari tahun 2017.  NACE mencatat ada 60,4% lulusan keuangan atau finance yang dicari oleh banyak perusahaan, terutama perusahaan besar. 

2. Jurusan Akuntansi
Mungkin Anda merasa bingung, apa bedanya jurusan keuangan dengan akuntansi? Jurusan akuntansi mengurus catatan laporan keuangan, sedangkan jurusan keuangan atau finance bertugas untuk mengatur pemasukan dan pengeluarkan keuangan dalam sebuah perusahaan. Menurut NACE, lulusan akuntansi paling banyak dicari kedua setelah jurusan keuangan. Ada sekitar 59,7% lulusan akuntansi yang dicari banyak perusahaan.
 
3. Jurusan Administrasi Bisnis
Jurusan ini juga paling dicari saat ini karena keterampilan bisnis sangat dibutuhkan menghadapi persaingin bisnis yang semakin ketat. 

4. Jurusan Teknik Mesin
Fakultas teknik mempunyai banyak jurusan, namun ternyata lulusannya yang paling dicari adalah dari jurusan teknik mesin. Menurut data NACE setidaknya ada 48.6% lulusan teknik mesin yang dicari. 

5. Jurusan Sistem Informasi
Sistem informasi adalah jurusan yang juga banyak dicari tahun 2017. Jurusan ini merupakan gabungan dari jurusan ilmu komputer, ekonomi manajemen, dan bisnis. Fokusnya tetap pada pemrograman komputer yang ditujukan untuk bisnis perusahaan. Salah satu studinya yaitu sistem informasi manajemen juga jadi penunjang jurusan ini.
 
6. Jurusan Manajemen
Menurut NACE, sebanyak 38,9% lulusan jurusan manajemen banyak dicari. Alasannya karena jurusan manajemen mempunyai prospek kerja yang luas. Jurusan ini juga bisa lebih diperdalam lagi kepada manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen organisasi, dan manajemen sumber daya manusia. 

7. Jurusan Bioteknologi
Mungkin Anda tak menyangka kalau jurusan ini termasuk salah satu jurusan yang lulusannya paling banyak dicari. Kesadaran atas makanan dan minuman yang berkualitas, higienis, yang kita konsumsi setiap hari memiliki kandungan yang harus sesuai standarnya. Jurusan bioteknologi mempelajari hal ini lebih dalam. Itu sebabnya lulusan ini termasuk yang paling banyak dicari tahun 2017. (Fet)