Gowa - Satuan Narkoba dan Tim Urusan Kesehatan Polres Gowa melakukan pemeriksaan urine kepada seluruh sopir angkutan umum di Terminal Cappa Bungaya, Kabupaten Gowa, Senin 3 Juni 2019.

Kasat Narkoba Polres Gowa, AKP Maulud kepada media mengatakan, pemeriksaan ini bertujuan mengantisipasi adanya penyalahgunaan Narkotika di kalangan sopir angkutan kota maupun angkutan antar daerah, mengingat saat ini adalah musim mudik lebaran.

"Giat kami hari ini adalah pemeriksaan urine, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat adanya sopir yang dibawah pengaruh narkotika maupun alkohol, sehingga masyarakat yang mudik menggunakan angkutan umum dapat sampai di tujuan dengan aman dan selamat," terangnya.

Dari total 35 sopir angkutan umum dan kondektur bus angkutan dalam provinsi yang diperiksa, tidak satupun dari mereka yang terbukti menggunakan narkoba maupun dalam pengaruh alkohol.

"Alhamdulillah, dari sampel yang dilakukan pemeriksaan, seluruh hasilnya negatif mengandung Narkotika maupun zat berbahaya lainnya," ujar AKP Maulud.

Tidak hanya pemeriksaan urine, puluhan sopir beserta penumpangnya juga diberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tensi dan  pemberian vitamin.

Terpisah, Kapolres Gowa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Shinto Silitonga mengatakan, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan selama arus mudik maupun arus balik lebaran.

"Salah satu faktor terjadinya kecelakaan bisa disebabkan karena kondisi fisik sopir yang kurang prima, sehingga wajib diantisipasi, dengan itu kami bekerja sama dengan sejumlah pihak melakukan rangkaian pemeriksaan kesehatan ini," pungkasnya.

Giat pemeriksaan kesehatan ini juga menggandeng Tim Bidang Kedokteran Dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Sulawesi Selatan, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, Dinas Perhubungan (Dishub), serta PT Jasa Raharja. []

Baca juga: