Jakarta - Sejumlah warganet mengapresiasi lancarnya arus mudik pada musim Lebaran 2019, melalui cuitan media sosial Twitter. Hasilnya, tagar #MudikLancarBanget menjadi trending topic di media sosial berlogo burung biru tersebut.

"Pak @jokowi , bagaimana ini? Saya mudik Cibubur-Semarang 6 jam, sudah termasuk dua kali istirahat di rest area. Apa nggak bisa lebih lambat gitu Pak?," tulis seorang warganet bernama Prastowo Yustinus.

"Kemacetan sekarang gak mengular sampe puluhan kilometer karena pembangunan infrastruktur yang diutamakan Oris Ale #MudikLancarBanget," kata akun @oris_ale.

"Gak Ada Lagi deh yang namanya Mudik Macet, jakarta bandung cuma 3 jam.. keren abisss.. #MudikLancarBanget @NTMCLantasPolri @NTMCPoldaMetro @TMCLantasPOLRI @jokowi," ujar akun @adryanfitra.

Mudik LancarTagar #MudikLancarbanget menjadi trendiong topic di media sosial Twitter. (Foto: Twitter Kolase)


Arus mudik libur Lebaran 2019 terpantau lancar. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut itu kepada wartawan usai melakukan pemantauan di rest area tol Ngawi.

Menurut dia, kelancaran arus mudik banyak terbantu pembangunan jalan Tol Trans Jawa, yang telah bisa dinikmati dari Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur.

"Ada beberapa memang yang sedikit panjang seperti di Cirebon, di Cikampek, tapi secara umum masih berjalan bagus. Saya cukup confident dengan pengaturan yang ada," ujar Tito, saat konferensi pers di Rest Area 575 A Ngawi, Jawa Timur, Minggu 2 Juni 2019

"Infrastruktur itu nomor satu. Selain itu, hari libur yang panjang membuat pemudik memiliki lebih banyak pilihan sehingga tidak terjadi penumpukan menjelang Lebaran," kata dia lagi.

Sebagai informasi, berdasarkan catatan lalu lintas PT Jasa Marga (persero) sejak 29 Mei sampai 3 Juni 2019 atau H-7 sampai H-2 Lebaran, sebanyak 429.935 kendaraan terpantau meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Bahkan pada Senin 3 Juni 2019 atau H-2 Lebaran, jumlah kendaraan yang ke luar dari Jakarta mencapai 67.572 kendaraan. Arus lalu lintas meningkat sekitar 192 persen dari kondisi harian rata-rata normal sebanyak 23.153 kendaraan.

Lancarnya lalu lintas arus mudik mendapat pujian dari warganet sejak Senin 3 Juni 2019 kemarin. Pantauan tim Tagar di media sosial Twitter, pujian rata-rata mengapresiasi pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah. Beberapa juga memuji siasat kebijakan lalu lintas satu arah atau one way di beberapa ruas tol jalur mudik.

Baca juga: