Jakarta, (Tagar 11/6/2018) - Lebaran hanya tinggal empat hari lagi. Arak-arakan pemudik yang hendak pulang kampung terlihat di banyak ruas jalan.

Saat bersamaan, di era digital saat ini, orang dimudahkan oleh kehadiran sejumlah aplikasi smartphone, menawarkan layanan informasi perjalanan. Di antaranya aplikasi yang menyediakan informasi seputar arus mudik.

Isi aplikasi itu bukan hanya berupa peta jalur mudik. Tidak demikian, karena setiap pemudik dipastikan sudah tahu jalan pulang ke kampung halamannya.

Dalam aplikasi ini, juga siap menunjukkan jalan, letak ATM dan SPBU, hingga titik rawan kemacetan. Berikut empat aplikasi mudik yang bakal mempermudah perjalanan pulang ke kampung halaman.

1.Google Maps

Rasanya para pengguna smartphone sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Dengan Google Maps, kamu bisa mencari berbagai tempat selama mudik, termasuk masjid terdekat, SPBU, ATM hingga bengkel.

Google Maps juga menyediakan fitur live-traffic yang bisa membantu menghindari kemacetan. Melalui fitur terbarunya, Google Maps sudah dilengkapi aplikasi motor, sehingga mempermudah pemudik motor.

2.NTMC Mudik

Dikembangkan oleh Korlantas Mabes Polri, dalam aplikasi ini terdapat layanan utama berupa peta jalur mudik. Polri juga melengkapinya dengan data dan informasi penting yang dibutuhkan pemudik seperti nomor telepon penting, misalnya telepon jalan tol, pelabuhan, bandara, polisi dan sebagainya.

Selain itu terdapat juga informasi penting seperti daerah-daerah rawan kemacetan, rawan kecelakaan, rawan longsor serta informasi pasar tumpah yang biasanya berada di jalur mudik. Bahkan, ada informasi rumah makan dan stasiun pengisian bahan bakar. Semuanya itu tersedia dalam satu aplikasi.

3.Info BMKG

Supaya mudik aman dan lancar kamu perlu install aplikasi Info BMKG ini. Aplikasi ini cukup penting, karena akan memberi tahu Anda tentang prakiraan cuaca. Aplikasi ini berisi bermacam informasi cuaca, iklim, kualitas udara, dan gempa bumi berdasarkan lokasi secara akurat. Jika terjadi cuaca buruk dan gempa bumi di jalur yang hendak kamu lalui, aplikasi ini akan memberikan peringatan dini.

4.Spotify

Aplikasi memang tidak ditujukan untuk jalur mudik atau perkiraan cuaca. Namun, aplikasi musik ini adalah teman dalam segala situasi jika Anda terkena kemacetan dalam perjalanan panjang dan melelahkan.

Terlebih jika Anda melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang harus menggunakan mode pesawat, Spotify menyediakan fitur download agar Anda bisa tetap mendengarkan musik sekalipun ponsel pada mode offline. (dbs/gil)