Maros - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar menyita sejumlah makanan dan minuman kedaluwarsa di beberapa gerai di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Selasa 28 Mei 2019. Penyitaan barang kedaluwarsa ini dimaksudkan agar masyarakat terhindar dari makanan tak laik konsumsi.

"Setidaknya ada ratusan makanan dan minuman yang berhasil diamankan oleh petugas dari delapan toko makanan dan minuman yang berada di area Bandara," kata petugas Sanitarian KKB Pelabuhan, Rahman.

Menurut Rahman, sidak terhadap makanan dan minuman kedaluwarsa ini dilakukan jelang meningkatnya arus mudik, meski sebenarnya rutin dilakukan dua kali dalam sebulan.

"Kami tidak ingin masyarakat yang mudik ke kampung halamannya, saat membeli makanan di Bandara mendapatkan makanan yang sudah tidak laik konsumsi lagi, makanya kami sidak untuk memastikan semua makanan dan minuman yang dijajakan laik untuk mereka yang akan mudik," ujarnya.

Sejumlah makanan yang diamankan oleh petugas ini tidak akan dikembalikan lagi kepada pemilik gerai, tapi akan diamanakan oleh petugas.

"Tidak ada sanksi khusus bagi gerai yang kedapatan menjual makanan kedaluwarsa. Tapi semua makanan dan minuman yang kedaluwarsa kita amankan," jelasnya. []

Baca juga