Tobasa - Kondisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara sangat memprihatinkan.

Jalan dipenuhi lubang besar dengan genangan air, membuat para pengendara harus ekstra hati-hati.

"Ini sudah hampir setahun, sangat parah," ujar Jalaluddin Siagian, seorang sopir angkutan umum yang melintasi jalan ini dua kali seminggu, Sabtu 25 Mei 2019 pagi.

Amatan Tagar di lokasi, para pengendara terlihat harus mencuri jalan menghindari lubang besar, bila kendaraan dari arah berlawanan lengang.

Baca juga: One Way Arus Mudik Lebaran 2019

Namun jika kendaraan dari arah berlawanan mengular, maka para pengendara terpaksa melalui lubang besar itu meski tak jarang bumper mobil menyentuh aspal.

Situasi ini kian diperparah apabila musim hujan, jalan tergenang air hingga lubang tidak terlihat.

Belum lagi jika malam hari, pengendara harus lebih waspada karena minimnya lampu jalan.

Jika tidak segera diperbaiki, hal ini akan menyulitkan para pemudik yang melalui jalan ini.

"Nanti kalau arus mudik sudah padat, ini akan macet karena pengendara wajib melambat," ujar Oloan Sirait, warga sekitar.

"Jadi kalau bisa sudah harus diperbaiki sebelum libur Idul Fitri," lanjut Oloan.

Baca juga: Hindari Kecelakaan, Jangan Andalkan Google Maps

Berdasarkan pengakuan Jalaluddin dan Oloan, kecelakaan lalu lintas sudah sangat sering terjadi. Terutama bagi para pengendara yang baru perdana melalui jalan tersebut.

"Sering kecelakaan di sini, apalagi kalau masih perdana lewat dari sini. Mereka enggak tau jalan rusak, tiba-tiba rem mendadak," ujar Jalaluddin.

Baca juga: Truk Terguling, Jalinsum Balige-Tarutung Lumpuh

Sebagai seorang sopir angkutan umum yang sering melintas di sana, Jalaluddin berharap pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut. []