Jakarta, (Tagar 3/5/2018) - Riset dari Google dan Asian Consumer Intelligence menemukan tiga hal yang paling banyak orang Indonesia cari lewat mesin pencari Google dalam tiga tahun terakhir, salah satu di antaranya adalah tiket kereta.

"Tiket kereta selalu dicari sejak 2015 sampai 2017. Lalu Al-Qur'an," ujar Analis Industri Google Indonesia, Ariani Dwijayanti dalam Press Briefing: Perilaku Digital Masyarakat Indonesia Selama Ramadan di Jakarta, Kamis (3/5.

"Tiket kereta api selalu ada. Habbit orang Indonesia membaca Al-Qur'an dari handphone," imbuh dia.

Selain itu kata "tutorial hijab", "tiket pesawat" dan "mudik" juga menjadi kata yang dicari orang Indonesia melalui Google.

Ariani mengatakan, puncak volume pencarian terjadi pada minggu pertama Ramadan dan minggu terakhir Ramadan.

Menurut Google Internal Data 2017, semakin banyak waktu luang, oranh Indonesia akan lebih banyak menghabiskan waktu di dunia maya.

"Apa yang mereka lakukan? Lebih banyak beraktivitas religi seperti mencari jadwal solat, mencari informasi soal donasi. 5 tahun terakhir selalu terjadi kenaikan signifikan untuk keyword doa, zakat," papar Ariani.

"Ini sinyal saat Ramadan, masyarakat Indonesia menggunakan media online untuk melaksanakan ibadahnya," katanya. (ant/rmt)