Jakarta, (Tagar 9/5/2018) - Google mengumumkan beberapa fitur baru untuk Google Maps, termasuk "For You" dan "Your Match."

Fitur "For You" adalah layanan yang memberi pengguna Google Maps rekomendasi khusus untuk tempat-tempat makan dang hang-out di sekitar pengguna. Bagi mereka yang menggunakan Google Maps, ini akan menghemat waktu mereka daripada harus membuka aplikasi lain untuk melihat informasi serupa.

Fitur baru lainnya akan dapat memberi peringkat lokasi berdasarkan tempat sebelumnya yang  dikunjungi pengguna di Maps. Semakin tinggi angkanya, semakin besar kemungkinan Google berpikir bahwa orang tersebut akan menikmati kunjungannya di tempat ini.

Fitur ini dinamai "Your Match." Fitur ini menggunakan teknologi machine learning untuk menghasilkan penilaian dalam kombinasi dengan ulasan di ratusan juta tempat yang dikunjungi manusia.

Pengguna juga dapat memilih suatu lokasi untuk membuat daftar yang dapat dibagikan dengan orang lain. Misalnya, pengguna Maps dapat membuat daftar restoran favoritnya dan mengirimkannya ke teman atau anggota keluarga yang berkunjung.

Terakhir, pengguna akan dapat berbicara dengan Google Maps saat berada dalam mode navigasi.

Pengguna dapat meminta aplikasi untuk membaca pesan teks yang baru diterima, dan bahkan membalas pesan dengan mengatakan "Bagikan ETA (estimation time of arrival) saya." Perkiraan waktu kedatangan Anda akan diambil langsung dari layar Maps dan diteruskan ke orang yang mengirim SMS.

Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk selalu melihat jalan di depan, namun tetap terhubung dengan teman, anggota keluarga ataupun mitra bisnis, termasuk untuk mempromosikan bisnis secara online agar mudah ditemukan lewat situs pencari. Fitur ini juga mengurangi pengguna untuk melihat layar ponsel untuk memeriksa pesan saat mengemudi.

Pembaruan fitur-fitur tersebut akan datang musim panas ini untuk pengguna Android dan iOS, demikian dilansir dari Phone Arena. (ant/rmt)