Jakarta - Mesin pencari raksasa, Google, turut memeriahkan momen mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019. Kemeriahan itu muncul pada tampilan awal yaitu semarak warna- warni Google Doodle yang bertajuk Mudik 2019.

Sebagaimana diketahui bersama, perjalanan pulang ke kampung halaman atau disebut mudik menjadi tradisi di Indonesia dalam menyambut hari Lebaran. Para pemudik tentunya ingin bertemu, berkumpul, dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman saat perayaan Idul Fitri.

Momen tersebut mendapat perhatian dari Google. Terlihat dari Google Doodle yang menampilkan ilustrasi bus, mobil dan orang-orang yang mengendarai sepeda motor pergi dari suatu kota menuju kampung halamannya.

Google Noodle mudik 2019Halaman utama Google Noodle mudik 2019 (Screenshoot Google)

Ilustrasi Google Doodle yang bertajuk Mudik 2019 itu, terlihat huruf-huruf yang membentuk kata Google menjadi sebuah jalanan yang ramai dengan mobil-mobil, bus, hingga sepeda motor yang berangkat dari kota yang penuh dengan gedung bertingkat ke desa.

Baca juga: Tol Trans Jawa Picu Penurunan Pemudik Pesawat

Uniknya, mobil-mobil dan motor juga tampak membawa barang-barang dan tas besar di atasnya, layaknya kendaraan di jalan saat mudik. Google Doodle hari ini pun tampak di ramaikan dengan warna-warninya.

"Mudik adalah tentang memperkuat ikatan komunitas, menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan orang-orang tersayang, ikut serta dalam ritual tradisional, dan berziarah ke makam leluhur untuk penghormatan," kata Google dalam keterangan Doodle Mudik 2019.

Lebih lanjut, Google menyebut, saat berada di kampung halaman, masyarakat akan saling bermaaf-maafan menggunakan kata "Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin."

Baca juga: H-1 Lebaran, Kota Medan Mulai Macet

"Pulang kampung juga waktunya berbagi, makan kue nastar dan kastengel," kata Google.

Bahkan, ketika gambar tersebut di klik, Google akan langsung mengiring pengguna kepada artikel terkait yang sedang hangat diperbincangkan, yakni seputar mudik Lebaran 2019 dan serba-serbinya. []