Jakarta - Aplikasi FaceApp kembali viral setelah dua tahun menghilang. Hal itu diawali ketika muncul #FaceAppChallenge yang diramaikan oleh sejumlah warganet di linimasa Twitter. Banyak pengguna yang berlomba mengirimkan foto tua atau muda bergambarkan diri sendiri atau sosok-sosok kondang lain.

Aplikasi yang telah ada sejak 2017 itu mampu mengubah wajah dengan efek tua dan muda. Mengutip dari TechCrunch.com, aplikasi FaceApp ini sebenarnya sudah pernah viral sekitar dua tahunan lalu. Namun, kali ini aplikasi foto editor itu memiliki algoritma dengan efek tua atau muda yang sudah lebih baik dibanding ketika viral sebelumnya.

Di balik keunggulannya, aplikasi ini pada akhirnya akan memberikan dampak kerisauan kepada pengguna mengenai kebijakan privasi aplikasi, yang mana mengoleksi foto yang diunggah pengguna lainnya. Selain itu, ada permintaan mengakses galeri foto diperangkat pada aplikasi tersebut.

"Jika risau dengan hal ini, ketika diminta janganlah beri akses ke foto-fotomu, tapi cuma akses ke kamera." dikutip dari CNBC.

Selain itu, aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store itu dapat digunakan secara gratis selama tiga hari. Setelah itu harus membayar biaya berlangganan jika ingin menggunakan semua fitur yang ada.

Hal itu tidak menyurutkan keinginan iOS untuk meramaikan #FaceAppChallenge. Tagar ini belakangan ramai di Twitter, berisikan pengguna yang berlomba mengirimkan foto tua atau muda bergambarkan diri sendiri atau sosok-sosok kondang lain.

FaceAppFoto artis Korea yang diubah menggunakan FaceApp. (Foto: Tangkapan layar Twitter/lotesila)

Penasaran dengan aplikasi ini atau mungkin masih bingung saat mencobanya. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini.


1. Pastikan kita telah mengunduh aplikasinya, kemudian buka aplikasi. Nanti akan muncul pilihan tolak tawaran berlanganan atau langsung berlangganan, pilih tolak berlangganan atau free trial jika tidak ingin langsung berlangganan.

2. Setelah masuk ke aplikasi akan muncul tombol kamera yang ada pada bagian tengah layar. Pada tahap ini kita bisa memilih untuk tidak memberi akses aplikasi ke photo library, melainkan hanya ke kamera foto.

3. Lalu coba ambil foto selfie kalian dan tekan tombol use pada bagian bawah. Kemudian akan muncul pilihan filter yang tersedia.

4. Salah satu filter yang ada adalah old, yang akan mengubah wajah kita menjadi lebih tua, bahkan ada juga filter young untuk mengubah wajah menjadi lebih muda dari sebelumnya atau bisa menambahkan berewok dan sebagainya.

Baca juga: